6 Desember 2009

Pagimu Yang Sedih

kalau kebetulan hari ini engkau menghadapi kesedihan yang amat, katakanlah hal ini pasti akan berakhir. pun kalau engkau tengah menikmati kebahagian yang rasanya tak mungkin kau lepaskan, katakanlah hal ini akan berakhir.
“ tapi kenapa kesedihanku tidak segera berakhir?” tanyamu. kesedihanmu akan terus mengalir terus.terus.terus sampai kesedihan itu meluluhlantahkan segala apa yang ada dalam hidupmu sampai kamu merasa kamulah satu-satunya manusia termalang itu yang tak pernah punya kata bahagia.
kesedihan dan kebahagian itu hidup, bernyawa dan berjalan, mengalir dan berkembang seperti virus. Jika kau biarkan itu, dia akan terus merusak sistem, dia merayu menuju tujuan tertentu. Hanya ada satu jalan mengakhiri kesedihanmu itu yaitu dengan cara menghetikannya, membunuhnya. “dengan apa?” dengan menciptakan anti virusnya. “ apa?” lawan dengan kebalikannya.

maka: nikmatilah hidup. detik demi detik apapun itu. karena tidak ada kesedihan tanpa kebahagian. pun pula sebaliknya. begitulah terjadi silih berganti, hingga bisa kau sadari bahwa hidup ini bukan kau yang miliki.