17 Desember 2011

Empowering Guru: Seminar dan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT (GRATIS)

Saya melihat ada pergerakan positif tentang keinginan guru untuk meningkatkan kompetensi mengajarnya. Walaupun jumlahnya belum begitu besar secara nasional, tetapi hal ini merupakan signal positif untuk pendidikan di negeri ini.

Nah, saya punya pengetahuan yang bisa saya bagi secara GRATIS, bagi guru-guru yang berminat menggunakan media PowerPoint di dalam kelas.

Karakteristik PowerPoint untuk dapat digunakan sebagai media di dalam kelas berbeda dengan PowerPoint yang digunakan untuk presentasi bisnis, film dll. Selama ini, begitu banyak kita saksikan di sekolah, di kampus, guru, dosen menggunakan powerpoint yang justru menghambat pembelajaran yang kreatif, siswa atau mahasiswa menjadi pasif, jenuh dan membosankan. Guru atau dosen sibuk sendiri dengan laptopnya, dua jam tidak beranjak dari mouse-nya, cenderung mengabaikan apa yang sedang terjadi di belakang sana dengan siswa atau mahasiswanya. Dan seringkali hal ini menjadi olok-olok 'pembelajaran berbasis LCD'. 

Para pakar tehnologi pendidikan telah berkomentar puluhan tahun lalu bahwa guru harus meninggalkan tehnik ceramah di dalam kelas, agar terjadi interaksi yang humanis dengan para siswa, mendorong tumbuhnya keyakinan siswa untuk melakukan eksplorasi secara mandiri dan berusaha dengan sungguh-sungguh menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif,efektif, dan menarik (PAIKEM). 

Inovatif, seringkali dipandang sebagai tehnologi canggih, laptop, LCD, WiFi, lab bahasa, papan tulis electronic dll, memandang rendah menggunakan tehnik drama, role play (bermain peran), pemanfaatan bahan bekas di sekitar siswa, permainan kelompok, diskusi, debat dll.

Pembelajaran berbasis ICT tidak akan pernah berhasil. Saya setuju dengan pandangan Phillip Rekdale, bahwa pembelajaran berbasis ICT adalah retorika belaka alias tidak bermutu. Pandangan saya juga senada bahwa tidak ada yang bisa menggantikan peran guru sebagai fasilitator, motivator kreatif bagi kehidupan siswa yang selalu unik setiap hari. 

Tetapi harus pula diakui, oleh karena rumitnya suatu konsep yang ingin disampaikan kepada siswa, situasi yang mendukung, PowerPoint adalah media yang dahsyat untuk digunakan di dalam kelas. Powerpoint yang seperti apa? bagaimana cara membuatnya? sumber-sumber apa yang bisa digunakan? bagaimana menghubungkan dengan RPP guru? bagaimana menempatkan PowerPoint secara tepat guna? bagaimana membuat yang sederhana sehingga betul-betul efektif di dalam kelas? saya dapat menjawabnya dalam suatu seminar atau workshop khusus untuk guru.

Saya bisa memberikannya dengan GRATIS sebagai layanan sosial. Guru membawa sendiri laptopnya, atau sekolah menyediakan laptop yang memang bisa digunakan secara bersama-sama disekolah. Pelatihan minimal di ikuti 10 orang guru dan maksimal 25 orang (workshop) dan tidak terbatas (seminar) dan menyediakan ruang pelatihan sendiri seperti di sekolah atau tempat yang memungkinkan. 

Materi pokok pelatihan ini adalah pembuatan media pembelajaran berbasis ICT di dalam kelas, sedangkan basis pembelajaran tetap menggunakan tehnologi yang humanis dan tak akan pernah tertandingi di dunia yaitu pembelajaran berbasis siswa (student centered learning).

Perbedaan bentuk pelatihan seminar dan workshop adalah sperti ini:
seminar: peserta tidak terbatas, sesuai ruang, durasi 90 menit, sudah termasuk seremonial (kalau ada), tidak perlu bawa laptop, saya telah membawa simulasi program. Target utama: pemahaman tentang pemahaman, pengetahuan tetang tehnologi pembelajaran di dalam kelas dan contoh-contoh presentasi yang efektif dapat di copy secara gratis, guru dapat mempraktikannya di rumah atau di waktu luang mereka di sekolah. Saya membawa perlngkapan sendiri laptop dan sound system tetapi saya tidak punya LCD untuk presentasi sehingga sekolah (panitia) menyediakan sendiri.
workshop: peserta terbatas, minimal 10 orang maksimal 25 orang, durasi 180 menit sudah termasuk seremonial (kalau ada), peserta sudah bisa mengoperasikan fitur-fitur dasar PowerPoint, membawa RPP yang sudah dalam bentuk softcopy dalam dokumen word atau excel, target utama: pembuatan media pembelajaranan berbasis ICT, guru membawa laptop atau sekolah menyediakan yang sudah terinstall PowerPoint. Saya membawa perlngkapan sendiri laptop dan sound system tetapi saya tidak punya LCD untuk presentasi sehingga sekolah (panitia) menyediakan sendiri.

Segera hubungi saya, kesempatan ini terbatas, karena waktu saya juga terbatas.

Sementara hanya  untuk guru di wilayah Jember, Bondowoso, Banyuwangi. Tempat lain, masih menunnggu teman-teman guru lain yang bersedia menjadi volunteer (sukarelawan). Jika Anda adalah guru yang juga ingin berbagai pengetahuan kepada guru lain tentang tema ini (pembuatan media pembelajaran berbasis ICT), bersedia bekerja tanpa dibayar, mendukung misi empowering guru hubungi saya dan ikuti pre-departure workshopnya bersama saya di SMK NEGERI 1 JEMBER.